Loading...

Teknik slow motion pada film

Berawal dari pertanyaan dari BFC, "bkin video klip yg slow tuh gmn y????", bergulirlah pembicaraan tentang slow motion.
Menyampaikan alternatif lain dengan diawali sebuah pertanyaan "mengapa harus slow motion? motivasinya apa?"
dan akhirnya, Ian pun muncul dengan solusi: "intinya jika ingin membuat video slow motion (mungkin agar seni-nya lebih terlihat), take picture harus dengan high frame rate. jika rata - rata video kamera hanya bisa 24-30 fps bisa diakali dengan cara take yang dipercepat menggunakan time-shift".
dan Syam Aditia pun melengkapi dengan tips pada saat editing, dilengkapi penjelasan yang mendetail dari ariefgokong, bahwa bisa dengan manfaatkan 'speed' di Adobe Premiere, khususnya versi Pro & CS yang sudah ada frame blending sehingga slow motion nampak lebih halus. Tapi kalo yang 'edisi' serius musti pake kamera dgn frame rate tinggi (high speed), misalnya kamera seluloid dgn fitur high speed atau kamera video yg biasa dipake utk syuting BBC, National Geographic seperti TyphoonHD4 bahkan bisa merekam gambar 1000fps. Artinya jika kita merekam cheetah lari selama 1 detik saja, setelah playback akan didapat gambar slow motion cheetah sepanjang 40 detik (1000/25).
Dibawah adalah sebuah contoh :

Sebuah diskusi yang menarik, dari kita untuk kita, dan sepertinya cukup layak topik ini kita angkat dalam kolom Tip & Tutorial.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

 

Seberapa besar pengaruh cinema/film terhadap kehidupan anda?

Pengikut

Kata Motivasi

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.