Loading...

Manusia Terakhir di Bulan


Dari twitter, saya mendapatkan sebuah link ke video YouTube yang menjelaskan mengapa pendaratan manusia di Bulan (Neil Armstrong, Buzz Aldrin) bukanlah hoax. Soal pendaratan manusia di Bulan yang dianggap hoax ini memang sudah berkembang beberapa lama. Banyak juga teorinya, termasuk bagaimana pendaratan tersebut sebenarnya disyuting di gurun Nevada, sampai katanya menyewa sutradara sains-fiksi Stanley Kubrick segala.
Berikut ini videonya.


Tak lama setelah menyimak video tersebut -yang meyakinkan saya bahwa pendaratan di Bulan itu benar terjadi (bahkan soal bayangan salah arah dapat dijelaskan dari sudut pembuatan film), saya menemukan sebuah foto. Sayang lupa disimpan dan terlalu malas untuk mengubek laman history browser lagi. Intinya, itu adalah sebuah foto keluarga yang dibungkus plastik sengaja ditinggalkan di Bulan oleh astronot dari pesawat Apollo 16.
Lho? Berarti setelah Neil dan Buzz (berangkat dengan ekspedisi Apollo 11 di tahun 1969), masih ada lagi astronot yang terbang ke Bulan dan berjalan-jalan disana?
Lantas saya googling dan ternyata jadi makin sebal dengan yang bikin cerita hoax pendaratan di Bulan. Soalnya, memang benar Apollo 11 bukan satu-satunya ekspedisi yang menempatkan manusia di Bulan. Ini tentu berkebalikan dengan argumen, "Kok manusia tidak pernah kembali lagi ke Bulan sejak Apollo 11?" yang dilontarkan konspirasionis anti-pendaratan di Bulan.
Padahal, tercatat ada 10 orang lagi setelah Neil Armstrong dan Buzz Aldrin yang mendarat di Bulan, total jenderal ada 12 orang yang pernah jalan kaki di Bulan (moonwalk) dalam kurun waktu tahun 1969 sampai 1972. Dalam masa itu juga, ada 5 roket Apollo lagi yang berhasil diluncurkan ke Bulan membawa awak manusia setelah Apollo 11.
Berikut ini catatan mengenai roket, awak, dan jumlah sesi jalan-jalan (moonwalk) para Astronot yang berhasil ke Bulan tersebut.
1. Apollo 11 (1969) - Neil Armstrong dan Buzz Aldrin - 1 kali moonwalk.
2. Apollo 12 (1969) - Pete Conrad dan Alan Bean - 2 kali moonwalk.
3. Apollo 14 (1971) - Alan Shepard dan Edgar Mitchell - 2 kali moonwalk.
4. Apollo 15 (1971) - David Scott dan James Irwin - 3 kali moonwalk.
5. Apollo 16 (1972)  - John W. Young dan Charles Duke - 3 kali moonwalk.
6. Apollo 17 (1972) - Eugene Cernan dan Harrison Schmitt - 3 kali moonwalk.

Dan pada tanggal 14 Desember 1972 itulah, Eugene Cernan menjadi manusia terakhir di Bulan setelah nongkrong selama 75 jam mengumpulkan berbagai sample batu-batuan sembari foto-foto. Ini adalah foto terakhir yang diambil di Bulan, tampak di kaca helm astronot Eugene kita bisa melihat bayangan Harrison Schmitt yang mengambil foto.


Memang sejak tahun 1972 manusia tak pernah lagi kembali ke Bulan meski sudah 6 ekspedisi yang berhasil. Padahal katanya teknologi yang membawa manusia kesana jauh lebih sederhana dibandingkan ponsel kita saat ini. Meski begitu saya tetap percaya manusia pernah ke Bulan (apalagi sampai 12 orang kok yang kesana). Hanya saja, entah kapan rekor Eugene Cernan sebagai manusia terakhir di Bulan dapat dipecahkan.

0 comments:

 

Seberapa besar pengaruh cinema/film terhadap kehidupan anda?

Pengikut

Kata Motivasi

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.